Ngidam Babi Kecap



Pernahkah kamu tiba-tiba sangat ingin makan sesuatu? Misalnya, waktu sore hari, tiba-tiba saja kamu kepengin banget makan makanan manis.  Atau ada saatnya kamu kepengin banget makan makanan yang gurih dan pedas. Ternyata ngidam bukan hanya dialami oleh wanita hamil saja, tapi orang yang tidak hamil pun juga sering ngidam lho. Kok bisa? Ini penjelasannya.

Menurut beberapa ahli gizi, rasa ngidam pada suatu makanan adalah cara naluriah dari tubuh untuk memberitahumu akan adanya kebutuhan nutrisi yang kurang atau belum tercukupi. Ini arti ngidam yang kamu rasakan:

  1. Ngidam Makanan Manis

Kalau kamu tiba-tiba saja sangat ingin mengonsumsi beragam makanan manis, ternyata ini artinya tubuh kekurangan magnesium dan vitamin B. Saat tubuh kekurangan vitamin B, khususnya B6 dan B12, kamu akan merasa lesu dan tidak seceria seperti biasanya. Selain itu, ngidam makanan manis juga berarti tubuh ingin meningkatkan serotonin yang merupakan hormon pembangkit rasa bahagia dalam otak. Beberapa penelitian juga mengaitkan keinginan makanan manis dengan gejala PMS.

Enggak ada salahnya jika kamu ingin makan makanan manis, seperti cokelat, apalagi untuk meningkatkan mood saat sedang PMS. Tapi, jangan lupa juga ya untuk memenuhi kebutuhan tubuhmu akan magnesium dengan mengonsumsi makanan seperti bayam dan kacang-kacangan.

Comments