Nasi Tumpeng Berkat Syukuran Menu Daging Babi Muda Babipedia

   


    Tumpeng atau nasi tumpeng adalah makanan masyarakat Jawa yang penyajian nasinya dibentuk kerucut dan ditata bersama dengan lauk-pauknya. Olahan nasi yang dipakai umumnya berupa nasi kuning, nasi putih biasa atau nasi uduk. Cara penyajiannyapun khas Jawa yang biasanya dibuat pada saat ada perayaan suatu kejadian penting. Tumpeng biasanya disajikan diatas tampah atau wadah berbentuk bundar tradisional yang terbuat dari anyaman bambu yang telah dialasi daun pisang. 

    Tumpeng berasal dari tradisi purba masyarakat Indonesia yang memuliakan gunung sebagai tempat bersemayangnya para hyang, atau arwah leluhur (nenek moyang). Setelah masyarakat Jawa menganut dan dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu, nasi yang divcetak berbentuk kerucut dimaksudkan untuk meniru bentuk gunung suci Mahameru, tempat bersemayamnya dewi-dewi. 

    Tumpeng merupakan bagian penting dalam perayaan kenduri tradisional. Perayaan atau kenduri adalah wujud rasa syukur dan terima kasih kepada Yang Maha Kuasa atas melimpahnya hasil panen dan berkah lainnya. Karena memiliki nilai rasa syukur dan perayaan, hingga kini tumpeng sering kali berfungsi menjadi kue ulang tahun dalam perayaan pesta ulang tahun. Tidak ada lauk-pauk baku untuk menyertai nasi tumpeng, tetapi biasanya tumpeng disajian dengan perkedel, abon, kedelai goreng, telur dadar/telur goreng, timun yang dipotong melintang dan daun sledri. 


    Di BABIPEDIA nasi tumpeng disajikan dengan berbagai lauk-pauk yang sangat menggiurkan, Nasi yang dikelilingi oleh masakan-masakan daging babi muda yaitu ada Sate Babi Muda dan lain-lainnya. Penuh dengan berbagai pilihan lauk yang disediakan. Pemesanan Nasi tumpeng BABIPEDIA bisa melalui secara langsung datang ke store offline kami atau bisa melakukan pemesanan melalui online. BABIPEDIA juga menerima pemesanan dalam skala kecil, sedang dan besar. 


Hubungi kami di linktr.ee/babipedia

Comments