Jenis Potongan Toko Daging Babi Telpon WA 081804300551

Mengenali jenis potongan daging babi akan membuat kita lebih mudah untuk memilih cara pengolahan babi, apakah akan di panggang, dibakar, ditumis, digoreng, di tim dan sebagainya.Caca akan sedikit berbagi pengetahuan tentang bagian-bagian potongan daging babi ini

Jenis Potongan Daging Babi

Secara umum daging babi dipotong menjadi empat bagian dasar : bagian bahu, bagian pinggang, bagian sisi/perut, dan bagian paha/kaki.
Bisa jadi nanti Kakak akan menemukan nama-nama tersendiri untuk setiap jenis potongan daging babi jika kakak berada di luar negeri.
Oh ya... untuk bagian otot yang berada di sekitar tulang belakang lunak dan tidak berlemak biasanya lebih mahal harganya lho!
Karena babi tidak menggunakan otot tersebut sesering otot yang letaknya lebih dekat ke tanah, yang mungkin lebih liat tapi lebih bercita rasa.
 

1. Bagian bahu

Biasanya dibagi menjadi dua bagian, bahu bagian bawah (lower picnic shoulder) dan bahu bagian atas (Boston shoulder atau Boston butt).
Jenis potongan babi picnic shoulder
lower picnic shoulder
 
Bagian potongan ini harus dimasak dengan api kecil dalam cairan yang dididihkan perlahan(misalnya dengan menggunakan panci masak lambat) agar hasilnya lunak dan tidak kering setelah lemak dan jaringan pengikatnya dicairkan.
 
Potongan ini tersedia dalam bentuk panggangan Boston shoulder dengan dan tanpa tulang, daging babi yang dipotong berbentuk kubus untuk kebab dan semur, serta daging babi giling (bagian picnic).

2. Bagian pinggang

Mungkin Kakak ada yang baru tau kalau dari bagian inilah panggangan tulang iga, baby back rib(bagian iga dari pinggang setelah pinggang berdaging dan tanpa tulang dihilangkan), dan has dalam berasal.
 
Jenis potongan babi bagian pinggang
baby back rib
 
Karena potongan daging ini sudah lunak secara alami, cara terbaik untuk memasaknya adalah dengan metode pemanasan kering (memanggang, membakar, dan menumis).
 
Potongan ini tersedia dalam bentuk panggangan bilah (blade roast), potongan iga (rib chop), potongan bagian pinggang (loin chop), potongan has luar, panggangan has luar, dan has dalam.

3. Bagian perut/sisi/iga yang berdaging sedikit (spareribs)

Bagian spareribs dapat dibakar dan kemudian dipanggang, tapi potongan lain pada bagian ini biasanya diolah menjadi daging babi asap (bacon).
Bagian perut/sisi/iga yang berdaging sedikit (spareribs)
spareribs
 
Tersedia dalam bentuk bacon,pancetta (daging babi asap berbumbu dari Italia), spareribs.

4. Bagian kaki/paha

Potongan ini biasanya dijual dalam bentuk sudah diolah matang atau melalui proses pengasapan. Tapi jika Anda membelinya dalam keadaan mentah, Anda dapat menyayat kulitnya dan melapisinya dengan bumbu (cara memasak yang populer pada acara-acara khusus dan perayaan).
 
 
 
Tersedia dalam bentuk potongan kaki (leg cutlet), paha asap, dan panggangan kaki bagian atas.

5. Bagian lain

Hampir seluruh bagian tubuh babi sebenernya bisa dimanfaatkan lho Kak.
 
Misalkan untuk bagian kepalanya bisa direbus dan dibuat acar (brawn atau head cheese), kaldu dan sup, dan bagian telinganya bisa digoreng sebagai camilan renyah.
 
head cheese
head cheese
 
 
Bagian kaki dekat kuku dapat ditambahkan ke dalam sup, semur, atau saus yang dipanaskan dalam waktu lama untuk menghasilkan kaldu yang kental.
 
Bagian ekor juga dapat dimakan, seperti halnya organ bagian dalam seperti pasta hati, sosis dari usus kecil (chitterlings), dan black pudding yang terbuat dari saluran cerna yang diisi dengan darah.
 
Semoga Bermanfaat...
 
babi babi guling babi kecap babi kecap murah babi kecap yogyakarta babi natal babi panggang babi potong babi santa baby back ribbeli daging babi daging babi daging babi jogjakarta daging babi murah daging babi yogyakarta harga babi kecap hari natal hati babi head cheese jamuan babi tahun baru jenis potongan daging babi jual babi jual babi kecap jogja jual daging babi kandang babi kulit babi leg cutlet lower picnic shoulder makanan natal makan babi kecap makan keluarga manfaat daging babi masakan babi natal masakan babi tahun baru masakan makanan istimewa natal masakan natal memasak babi kecap memasak daging babi menu babi kecap olahan babi kecap organ babi pasar daging babi pedagang babi pesanan babi kecap yogyakarta pesta babi pesta daging babipesta tahun barupeternak babiresep babi kecapsate babiselamat tahun baru spareribs supplier babi tahun baru babi terima pesanan masakan makanan babi kecap jogja terima pesanan menu daging babi kecap yogyakarta toko daging babi warung babi kecap jogjakarta yogyakarta

Comments